Sampai Kapanpun


“ Lalang,tungguin aku dong ! “ teriak nila ngeliat lalang ngacir gitu aja.
“ Buruan , kamu lelet banget kayak nenek-nenek aja “Anglang Purbaning kinanta nama yang aneh memang ngga jauh beda dengan orangnya yang rada unik . Kadang nila merasa sangat beruntung punya sohib kayak lalang , tapi kadang juga bikin jengkel liat sikap lalang yang cuek en’ rada bloon dikit . Ternyata cewek se-cool lalang bisa juga terjangkit virus cinta untung masih virus cinta kalo kejangkit virus west nile yang lagi bikin heboh warga amrik bisa-bisa lalang diungsikan ke amrik sono. Tapi mana mungkin nyamuk pembawa virus west nile itu mau , orang lalang junkies gitu , yang ada malah nyamuknya memble…

“ Lang , apa kamu ngga’ salah pilih tuh ?”
“ Maap-maap nih ya , aku belon pernah milih tuh soalnya pas pemilu kemaren aku blom punya KTP maklum masih dibawah umur .”celetuk lalang dengan semangat.
“ Jaka sembung naik ojek ,ngga’ nyambung jek . Bukan milih wakil rakyat tapi soal milih pacar tau , kesannya kamu tuh asmot deh lang”
“ Asal comot . enteng banget nuduh gitu , by the way ini tadi lagi ngebahas soal apa ya ?.” dengan wajah bloonnya lalang ngelontarin pertanyaan . Terang aja nila langsung ngegaruk kepala meski ngga’ ngerasa gatal. “ Aduh tobat-tobat , kamu darimana ajasih diajak ngobral masih tulalit juga . Lagi strees bu ?” nila menyentuh kening lalang persis ibu-ibu yang cemas soal kondisi anaknya . “ Pantesan aja agak error , orang lagi tegangan tinggi gini .” sekarang tangan nila beralih ke pantatnya sendiri “ Aku tau pasti lagi ngrumpiin satria ya , nil ?.“
“ Lang , dia itukan terkenal sebagai playboy number one . Apa kamu ngga takut bakal jadi korban untuk yang kesekian ratus kalinya . Ganti cowok laen aja deh , urusan satria di cancel dulu . Ntar kalo cowok didunia ini udah mo abis , baru kamu boleh jalan ama dia” argumen nila tentang keberadaan satria bener-bener sadis dari A nyampec Z disebut semua. “ Hari gini bu masih takut ama playboy….,mo dia numero uno atau yovie nuno itukan prestasinya dia . Harusnya aku bangga punya pacar seperti dia . High kualiti jomblo aja susah apalagi playboy quality nomer satu.” dengan cueknya lalang menyahut seolah apa yang diomongin nila lewat bagaikan angin.
“ Yah….kok malah bangga , survey membuktikan Playboy itu suka mainin perasaan perempuan . Yang ada kamu ntar remuk lho mikirin dia .
“ Lalang ngeloyor pergi ninggalin nila “ Dikiranya aku ini kripik , pake acara remuk segala ah udah deh… capek ngebahas itu terus”
“ Lang , mo kemana kamu ? .” teriak nila nguntit lalang dengan tergesa-gesa maklum langkah kaki lalang lima kali lipat lebih cepat dari nila .. Ternyata kesimpulan nila tentang seorang satria yang suka berganti pasangan layaknya ganti baju tak meleset sedikitpun , yang bikin nila heran mengetahui hal itu lalang malah cuek bebek . Sepertinya lalang tak punya inisiatif sedikitpun untuk ngadain serangan balasan . Persis kayak ponsel yang berada diluar servis area mati tanpa ada sinyal . Mungkin lalang niru sikap amrik yang ngga terlalu antusias terhadap ulah afghanistan bukan karena apa-apasih tapi karena banyak timbul kontroversi dari negara lain aja . Wah , sepertinya nila harus turun tangan tapi yang bikin nila pikir-pikir benernya mereka tuh serius pacaran ngga’ sih atau jangan-jangan ini cuman bisa-bisanya mereka aja .Mikir urusan gini aja pusing gimana mikir ruwetnya negara ya ? banyak demo ' turunkan bbm', banyak kasus korupsi yang terungkap...untung pak presiden kita ngga jadi botak karenanya. hehehe...ngga maksudsih pak.


“ Apa ??? Satria mo ke sydney , ngga’ salah denger nih . Kenapa baru sekarang ngasih laporan , kenapa ngga sebulan yang lalu . Kalo udah gini sapa juga yang mo disalahin , kamu tuh dari jaman nenek moyang nyampec sekarang tetep aja lelet . Ngga ada kemajuan , pantesnya kamutuh hidup dijaman Purbakala , tau ! ”nila terlihat begitu histeris sampai-sampai bikin telinga lalang mo meledak. “ Untung aja pas aceh kena tsunami , aku lagi ngga disana. Kalo ngga ..."
“ Kalo ngga’ kenapa ? “nila terpancing omongan lalang.
“ Mana mungkin aku bisa merasakan hempasan super duper ombak yang segede ini, hingga membuatku terpental 10 km jauhnya.” sungut lalang sambil meniup telinganya secara bergantian. " Biasa aja kaleee, ngga pake lebay gitu "
“ Aduh lang…yang namanya shock ya seperti tadi . Gimanasih ? “ nila melemparkan bantal kearah lalang “ Trus planning selanjutnya gimana ?Apa hubungan kalian continue atau mungkin the end , do it something atu lang jangan diem wae “ Sepertinya kegemesan lalang terhadap boneka kelinci dari satria kini sirna gitu aja ,maklum suasana hati lalang lagi ngga karuan.
“ The end ??? Film kaleeee ! .”
“ Gini deh mending cegah kepergian satria . Kamu harus bikin promosi besar-besaran tentang kampus-kampus made in dalam negri yang ngga’ kalah T.O.P dengan college di luar sono. Pokoknya do it something supaya satria ngga’ ngacir ke sydney .” sepertinya nila cukup meres otak juga mikirin hal ini , walau terkesan konyol.

“ Nila , please deh …dia kesanatuh mo kuliah bukan mo ngungsi .Sejak kapan departemen pendidikan mbantu promosi . Makin lama idemu itu makin ngawur ,lagipula aku juga ngga punya hak untuk ngelarang dia pergi kemanapun .Oortunya bukan , sodaranya juga bukan bisa-bisanya aku main larang . Apapun hubungan kami tetep aja ada privasi so’ ngga realistis banget kalo aku musti ikut campur . Jalan yang harus aku ambil adalah mendukung setiap keputusan yang dia anggap baik , aku yakin apapun yang dia putuskan itu pasti yang terbaik untuknya . “

Kali ini nila bener-bener melonggo , dia terperanggah , terkejut . shock atau apalah namanya mendengar argumen lalang yang panjang lebar . Ternyata lalang yang biasanya bloon sekarang terlihat begitu dewasa menghadapi hal semacam ini , cinta emang bener-bener dasyat oi .
” Berapa lama sih dia ke sydney ? .” Lalang mengacungkan 3 jarinya , ya tuhan itu artinya tiga tahun.
” Tapi lang … 3 tahun itu bukan waktu yang singkat “ Lalang menyibakkan rambut ikal yang tergerai menutupi wajahnya , sepertinya pikiran lalang benar-benar kalut.
“ Aku tahu itu , sudah kuputuskan untuk terus menunggunya disini “
“ Lalang ….come on baby , aku ngerti mungkin dalam 3 tahun ini kamu bisa bertahan menunggunya tapi..ahhh . Apa mungkin penyakit dalam tubuhmu bisa bertahan selama itu . ” suara nila terdengar begitu parau seperti orang yang sedang menahan tangis . Lalang mencoba untuk menenangkan perasaan sahabat baiknya , dia rengkuh nila dalam pelukannya “ Sudahlah , nil .”
“ Kanker akan terus mengerogoti tubuhmu sedikit demi sedikit tanpa kau sadari , kita tak akan tau berapa lama lagi kau bisa bertahan hidup . Mengertilah itu , lang “ isak tangis nila sudah tak terbendung lagi , butiran - butiran kristal bening mengalir lembut di kedua belah pipi halusnya . Lalang mengusap butiran air itu dengan perlahan .
“ Tenanglah , apapun yang akan terjadi aku janji akan terus bertahan sampai satria datang menjemputku . Jalan hidup tiap manusia sudah ada yang ngatur. Sekarang yang bisa kuharapkan , kau selalu berada disisiku nil .”
Nila menatap wajah lalang lekat-lekat , tak terbersit sedikitpun kesedihan disana . Raut wajah lalang yang begitu tenang membuat nila tak bisa berhenti menangis . Bagaimanapun juga nyawa lalang tinggal hitungan bulan bahkan hitungan hari dan sekarang….ia justru memutuskan untuk menunggu satria sampai 3 tahun lagi . Ya Tuhan…..


Sydney,1 Agust 03
Dear lalang,
Lalang tomboy , gimana kondisi kamu sekarang . Satria harap kamu it’s fine…jangan terlalu bussy with your activity . Ngga kerasa 2 tahun kita pisah , aku harap saat aku kembali nanti kau tetap menjadi lalang yang seperti dulu , yang selalu tersenyum ceria untukku . Tunggu aku 1 tahun lagi ya lang , bersabarlah
Satriamu

Nila menutup email dari satria yang berisikan sejuta harapan untuk lalang ia . Ya Tuhan …nila benar-benar tak tahan melihat kesetiaan lalang menunggu kedatangan satria . Meski begitu tak ada yang bisa dia lakukan untuk membujuk lalang supaya melupakan satria dan coba untuk melewati sisa hidupnya dengan hal lain . Mungkin karena memang kondisi lalang yang cukup lemah dan dengan kesibukannya sekarang membuat penyakit kanker dalam tubuhnya terus berkembang.setelah 2 tahun kepergian satria ,kini lalang harus rela menghabiskan hari-harinya diatas kursi roda dengan rambut yang kian hari kian habis akibat dari kemoterapi yang dijalaninya . Yang lebih membuat nila merasa teriris ,nyampec sekarang satria ngga pernah tau kalau lalang mengidap kanker . Bukan karena nila ngga mau mengatakannya tapi memang karena lalang ngga pengen satria tau masalah ini , dia ngga mau dikasihani oleh satria hanya karena penyakit ini.
“ Lang , kemungkinan terburuk sekalipun bisa saja terjadi . Sampai kapan kamu akan menunggunya ? .” nila membetulkan letak selimut ditubuh lalang . Wajahnya begitu iba melihat kondisi sahabatnya yang begitu memprihatinkan . Sedangkan lalang hanya bisa terbaring , menatap nila dengan penuh keyakinan . Tatapan matanya menyiratkan bahwa dia akan bertahan sampai satria datang .

Sydney , 05 Februari 2004
Dear lalang ,
Lalang , syg akhirnya studiku selesai juga . Tanggal 13 belas aku akan terbang ke tanah air , dan kita bisa merayakan hari indah itu berdua . Sekarang satriamu ini akan terus berada disampingmu , menemani tiap langkah yang kau lalui . Miss You .
Satriamu

Pagi itu suasana haru menyelimuti kediaman keluarga besar Kinanta . Isak tangis bercampur baur , seisi ruangan bahkan para handai tolanpun turut berduka . Terlihat kondisi Nyonya Kinanta yang begitu lemah menghadapi kenyataan pahit ini , sehingga berkali - kali beliau tersungkur pingsan . Disebuah ruangan besar , Nila terisak tanpa henti diasmping peti jenazah lalang . Kesetiaan dan sebentuk cinta yang begitu tulus terpancar dari wajah lalang . Tulusnya cinta hanya dihargai dengan sebuah kematian . Namun Tuhan telah membuktikan pada umat-Nya bahwa keyakinan tentang kasih sayang akan selalu membuat manusia kuat menghadapi segala , meskipun kenyataan tak seindah yang diangankan. Seorang pemuda yang saat itu datang dengan membawa sepasang cincin untuk kekasihnya , satria . Hanya bisa tertunduk dalam diam , meratapi kepergian lalang dengan hati pedih sekaligus bangga pada kesetiaan kekasihnya . Karena hanya untuk menunggu cinta yang dia janjikan lalang bisa melewati ujian hidupnya .


NB: bahwa sebenarnya ada banyak cinta untuk anda dalam hidup yang sayang untuk disia - siakan , tak dihiraukan apalagi dipermainkan oleh hati tak bertanggungjawab.Ingatlah bahwa cinta yang anda dapat nikmati saat ini, tak akan pernah kembali utuh bila sudah terkoyak oleh duri sekecil ujung jarumpun.

0 Your Opinion: