Berbagi


Kedengarannyasih simpel, berbagi tapi banyak yang bisa diartikan dari kata itu. Berbagi apa, berbagi dengan siapa, kapan berbaginya dan akan banyak pertanyaan lain yang muncul. Nah, disini yang aku ungkap bukan melulu soal itu. Agak melenceng sedikit memang dari pertanyaan - pertanyaan yang ada.
Ini masalah berbagi yang aku gunakan sebagai kata ganti bergabung. Biasanya, dan memang banyak penyiar dikotaku yang mempersilahkan pendengar untuk kirim sms juga telpon dengan kata bergabung.
Contoh :

1. Ok, untuk anda yang ingin bergabung bersama saya silahkan kirim sms ke sms box kita di 0812345678 . yang ingin melalui telpon bisa ke 0354 671111

2. Saya tunggu gabungan kanca muda melaui sms di 08564777789, yang mau gabungan by phone juga boleh ke 777110

itu contoh kecil sewaktu para penyiar mengajak pendengar untuk kirim sms atau telpon . Sedang bila sms sudah dikirim oleh pendengar atau saat mereka menerima telpon maka inilah kata - kata mereka . Contoh :
1. Sudah ada yang bergabung di 777110 ->angkat telpon -> hallo, radio saya selamat pagi ....
2. Terima kasih atas gabungannya , untuk yang mau gabungan lewat telpon sabar ya. Sekarang waktunya baca sms ....
Yang menjadi pertanyaan, apakah ini standar untuk seorang penyiar mengajak bahkan merespon sms dan telpon dari pendengar? Kenapa muncul pertanyaan demikian karena pola bahasa dan kata yang digunakan hampir sama . Agak bosen juga dengernya, maka dari itu untung dari awal di tranning jadi penyiar ampe sekarang kata - kata bergabung, gabungan dan gabungannya lebih manis ditelingaku pribadi bila diganti dengan berbagi.
Dengan bergabung maka ruang lingkupnya hanya sebatas menelpon dan kirim sms, bisa juga bergabung untuk membahas topik apa yang sedang dijadikan tema. Sedangkan berbagi , itu terkesan lebih luas cakupannya. Kita bisa mengajak pendengar untuk berbagi rasa, pendapat, salam dan lainnya.
Trus apa masalahnya, bukankah bergabung itu juga dimaksud supaya mereka juga ikut berbagi atau ikut andil dalam acara radio itu . Memang tidak ada masalah yang krusial dalam hal ini, hanya soal terdengarnya saja istilah berbagi dan bergabung. Kesannya lebih wise kalau kita mengajak pendengar untuk berinteraksi dengan kata berbagi. Contoh : anda yang ingin berbagi dengan saya bisa menghubungi kami di nomor 8909 . Just like sound great !!!
Ini hanya soal kebiasaan, ada yang menyangkal begitu. Padahal dari sebelum aku bercuap - cuap ria tiap hari. Yang hanya dimulai diriku menjadi listener, kata bergabung sudah terkesan ndeso ( maaf, tidak ada tendensi lainsih ) . Maknanya kurang dalem, dan syukurlah saat aku mulai memasuki dunia broadcast . Programmerku dulu mengajarkan hal dasar untuk siaran dengan tata bahasa yang lebih wise. hehehe... kebetulan pula saat itu radio kita hanya mengulas tentang kata - kata bijak .
So, akhirnya kata berbagi menjadi kata dasar dan harga mati buatku untuk mengajak listener berinteraksi .

3 Your Opinion:

It's Me ™ mengatakan...

wah penyiar radio di kediri ya? di radio mana?

beLoved vRitTa mengatakan...

wah penyiar. . . .

uNieQ mengatakan...

penyiar toh??? request boleh ga??hihihi