Wrong choice !!!!






Ngga tau kenapa , akhir - akhir ini Gilang bete abis kalau ngeliat Vefe jalan ma cowok lain . Apalagi kalau Vefe jalan ma bule amrik yang baru beberapa bulan ini kuliah satu kampus ma dia . Gara - gara tuh bule Vefe jadi jarang latihan , kerjanya ngaret terus . Kalau dipikir - pikir mereka sahabatan udah dari SMP tapi kenapa baru sekarang Gilang ngerasain ada yang beda ya . Dulu - dulu kemana aja gue , tanya gilang dalam hati . Dari gosip yang beredar ,udah sebulan ini Vefe jadian ma tuh cowok . Bikin Gilang tambah garing aja , lagian ngapain juga bule amrik itu ngungsi kesini . Bukannya irak udah jadi negara taklukannya , eh kok malah ngendon disini . Parah nih bule , umpat Gilang . Kriing … kring … kring … Dering telfon membuat Gilang tersentak kaget . Sesaat Gilang mengelus dadanya , lalu beranjak mengangkat gagang telfon yang berada didekat tempat tidurnya .
“ Ya , hallo . ”
“ Lang , nih gue ” suara dari seberang bikin hati Gilang yang tadinya garing sekarang jadi seger persis bunga yang disiram air seember .
“ Kok lo tau kalau nama gue Gilang , padahal kitakan belum sempat kenalan tadi . Wah , jangan - jangan lo anaknya dukun ya ! ” sahut Gilang kemudian .
“ Hem , jayus . Ngga lucu lo , terang aja gue tau . Emang ada berapa orang sih laki - laki dirumah lo , cuman lo doangkan ? ” sunggut suara dari sebrang yang ngga lain adalah suara Vefe “ Lang , gue mo minta tolong . Ntar sore gue ngga bisa ikut latihan , tolong bilangin ketemen - temen ya . Please !!! ”
“ Ve , lo udah keseringan absen . Gue ngga enak ma yang lain . Emang lo ada acara apaansih , pakai acara bolos latihan segala . Penting banget , nyokap sakit lagi ya atau kucing lo beranak lagi . ”
“ Lalang , jangan becanda dong . Ntar sore gue mo nge-date ama Mario , gue janji sebagai gantinya besok gue temenin lo beres - beres markas deh . Bantuin gue ya , Lang”
“ Tapi Ve , ….” belum selesai Gilang bicara telfonnya udah ditutup duluan ama Vefe . Ngomong sendiri ama telpon deh .
Seketika itu tubuh Gilang terasa lemas , dikira bakal ada perubahan baru dari Vefe . Ngga taunya tetep aja mentok di Mario .Tuh bule emang virus kali ya , kayaknya sih lebih bahaya daripada flu unggas . Nonton konserlah , clubing lah ,eh sekarang malah berani ngajak nge-date . Nge-date kok malem jum’at , emang ngga ada hari baik lain apa . Gila , ngga mutu bangetsih nih bule .

“ Lang , bulan depan kita jadi ikut ekspedisikan . Itu berarti musti rutin latihan dong . Soal proposal dana udah clearkan ? ” Bobby sibuk melilitkan tali ditubuhnya “ Oya , gue jarang liat Vefe . Kemana aja tuh cewek ? ”
Gilang mengusap peluh diwajahnya “ Tau deh ! ”
“ Yee , kok sewot gitusih . Bukannya kalian sering bareng , kok sekarang ngga tau. ”
“ Kayaknya dia lagi sibuk deh , banyak tugas kali ” Bobby menghampiri Gilang
“ Lang , bicara ma Vefe deh . Ekspedisi tinggal sebulan lagi , kita musti prepare banget . Kita ngerintis UKM ini bareng - bareng , jadi ngga lucukan kalau kita ninggalin dia gitu aja . Inget komitmen awal dong , mustinya kita bisa milah - milah mana privasi mana urusan organisasi ! ”


Apa yang dikatakan Bobby emang bener , sekarang Vefe lebih sibuk ama Mario . Vefe udah ngga komit lagi , mo nyalahin Mario juga bukan pemecahan yang bagus . Tapi, kalau Mario ngga ngungsi kesini Vefe juga ngga bakal separah ini . Jangan - jangan gosip kalau mereka jadian itu bener , bisa mati gue . Wah, ngga bisa didiemin nih . Gue musti ngomong ama Vefe secepatnya , sebelum Vefe disamber ma bule sialan itu .
“ Ve , bukannya gue mo ngelarang lo . Privasi emang penting , tapi jangan ampec ngorbanin urusan lainnya . Lo ngertikan ? ” Gilang menatap wajah Vefe lekat - lekat .
“ Maaf deh , Lang . Bukan maksud gue untuk ninggalin urusan markas , tapi ngga tau kenapa gue selalu ngga bisa nolak ajakan Mario .” Vefe mencoba menjelaskan posisinya dalam masalah ini .
“ Gue ngga nyangka deh kalau gue bisa sedeket ini ma dia . Padahal lo tau sendirikan cewek - cewek yang ngantri pengen jalan ma dia ,wuuuih banyak banget persis orang lagi ngantri tiket buat mudik gitu . Ah , jadi pengen malu deh gue ! ” ucap Vefe tersipu “ Tapi emang bener kok , Mario tuh nice banget udah gitu perhatiannya itu lho , pokoknya dia tuh tipe cowok yang ideal deh . Sweet abis ” lanjutnya kemudian
“ Ve , tolong dong sisain waktu lo bentar aja buat gue . Gue cuman pengen ngomongin soal organisasi , kalau lo pengen curhat soal Mario mending ntar aja deh .” suara Gilang agak meninggi .
“ Lang , lo marah ya . Maafin gue ya , ya udah deh sekarang kita balik ke topik awal . Gimana , gimana … Ayo cerita dong !”
“ Kita dapet kesempatan untuk ikut ekspedisi . Pelaksanaannya tinggal sebulan lagi dan gue pengen semuanya bisa ikut terutama lo . Jadi gue harap , jangan absen lagi ya . Bisakan , Ve ? ”
“ Wah , asyik dong . Gue janji deh gue bakal rajin latihan , Mario pasti seneng denger hal ini . Eh , lo tau ngga Lang . Mario tuh sering banget nanyain soal lo . Dia juga pengen banget gabung ma kita , jadi gimana kalau dia kita ajak . Biar tambah rame , pasti bakalan seru . Gue jamin deh !” cerocos Vefe semangat .
“ Gue ngga nyangka , ternyata Mario bisa bikin lo berubah drastis kayak gini ya . Biasanya lo yang paling sibuk , lo yang paling prepare kalau kita mo ada acara tapi sekarang malah ceroboh kayak gini . Apa lo pengen Mario mati konyol , ini bukan saatnya hura - hura . Ini masalah nyawa Ve , gue ngga mau dituduh ngebunuh anak orang . Jujur aja , dari awal gue udah ngga suka kalau liat lo jalan ma Mario . Apalagi kalau akhirnya kayak gini . Nyesel ” kali ini Gilang benar - benar marah menghadapi ulah Vefe yang terkesan menganggap enteng kegiatan mereka .
“ Kok lo jadi sensi gitusih , Lang . Guekan bermaksud baik , lagian Mario tuh ngga sejelek apa yang lo pikirin . Kalau gue sering absen , ya jangan ngelempar kesalahan ke Mario dong . Ngga fair , tau . Dan kalau gue deket ma Mario , so what gitu lho ? Toh ngga bakal ngerubah apa yang ada diantara kitakan ? ” Vefe malah balik sewot .
“ Buat lo semuanya masih sama seperti dulu , tapi buat gue lo udah banyak berubah . Lo tau gimana perasaan gue saat ngeliat lo jalan ma Mario , sakit banget Ve . Gue tau gue salah , tapi gue ngga ada maksud untuk ngontrol hidup lo dan gue udah ngga bisa bohong ma diri sendiri , kalau selama ini gue …. gue … gue sayang banget ma lo , Ve . ” Gilang tertunduk setelah mengucapkan hal itu pada Vefe .
Vefe tersentak seketika itu “ Lalang , kitakan sahabatan udah lama . Kok lo punya pikiran kayak gitusih ” suasana hening sejenak , Vefe mencoba untuk menata hatinya “ Lang , gue udah nganggep lo sahabat terbaik gue . Jadi , gue harap apapun yang terjadi kita akan tetep jadi sahabat . Maafin gue ya , Lang ”


Ternyata kenyataan memang tak selalu sejalan dengan keinginan kita , dan kebersamaan yang dijalani selama apapun belum tentu membuat perasaan bisa berubah menjadi sesuatu yang lain . Itulah hal yang dapat disimpulkan oleh Gilang tentang perasaannya terhadap Vefe . Harapan bahwa persahabatan mereka bisa mengalahkan hal lain ternyata salah , kini Gilang harus menghadapi kenyataan lain dalam hidupnya . Perasaan sakit dan merasa tersisih oleh kehadiran Mario disisi Vefe , hidup tak akan bergeming dari peraduannya dan bumi tak akan keluar dari porosnya untuk istirahat sejenak hanya karena kita lagi sadness atau broken. Jadi , kadang kita harus mendukung apa kata Leanns Ream dalam lagunya yang berjudul “ Life goes on ” . Terasa agak egois memang tapi inilah hidup , seolah hidup telah menertawakan betapa konyol kita lalu berkata “ Ngga penting bangetsih lo ! ”
“ Gilang , gilang …. Cayo gilang . Gilang semangat dong . !!!” cewek - cewek pada histeris saat ngeliat Gilang turun dari Wall . Lagaknya kayak lagi nonton idola barunya american Idol gitu , pada screaming abis dan teriak ngga karuan tatkala ngeliat David coke beraksi . Seorang cewek berlari menghampiri Gilang yang baru turun , dia memberikan handuk untuk membersihkan peluh di tubuh Gilang . Tapi dengan segera ditolak oleh Gilang .
“ Makasih , ya . Lain kali ngga usah repot deh , gue bawa sendiri kok .”
“ Tapi , lo mau terima inikan Lang .” ucap tuh cewek seraya menyerahkan bungkusan besar ke tangan Gilang . Mau ngga mau Gilang musti terima , abis wajah tuh cewek kasian banget sih .
“ Wah , cewek - cewek ini emang ngga ada matinya . Kalau tiap hari mereka histeris gini , bisa - bisa gue musti ke THT tiap hari juga dong . Teriakan mereka itu lho , maut . Tapi gue salut ma mereka , tiap hari teriak kok ngga capek ya . Kira - kira mereka punya cadangan pita suara berapa biji ya ? Belinya didaerah mana sih ? ” Bobby ngedumel ngga karuan ngeliat ulah para cewek . “ Kayaknya pemilu taun depan , ngga jauh - jauh deh nyari Presiden baru . Orangnya aja udah disini , gue yakin lo bakal menang . Gilang cayo … cayooo !!! ” teriak Bobby menirukan cewek - cewek pemandu soraknya Gilang .
“ Ngga bangetsih lo , ngga lucu tau . Lagian suka - suka merekalah mo teriak sampai kapan juga , ngga ngaruh ini ma gue .” jawab Gilang cuek .
“ Parah lo, Lang . Ngga ada terima kasihnya gitusih ma perjuangan mereka , padahal gue terharu banget lho . Ih , jadi pengen nangis deh ” Bobby mencoba terisak “ Anyway , lo ada apasih kok kucel gitu . Abis diputusin ya , duh kacian …. Patah hatiku jadinya , merana berputus asa ” ledek Bobby menirukan lagu lama yang pernah hits ditahun 80 an .
“ Heh kepiting rebus , ngga usah sok sweet dan melo gitu dong . Walaupun style lo berubah jadi girly abis , hati gue ngga bakal berpaling ke lo deh . Inget kita satu merk , Bob . Masa jeruk makan jeruk sih ”
“ Sialan , lo kira gue homy apa . Sorry ya , biar kata dunia udah ancur berantakan dan kaum hawa udah ditarik dari peredaran . Gue juga ngga bakal interest ma lo kecuali kalau lo udah operasi , itu lain lagi ceritanya . He he he … ”
“ Udah gila, bu ??? dasar edan !!! ” teriak Gilang seraya berlari menjauh dari Bobby



Sementara itu ditempat lain , terlihat Vefe sedang jalan bareng Mario . Vefe begitu menikmati kebersamaan mereka , sampai dia lupa kalau sore ini ada latihan buat persiapan ekspedisi . Parah …
“ Ve , lo ketemu ma Gilang ngga hari ini ? ” tanya Mario “ Hubungan kalian gimana ?”
“ Terang aja ketemu , kitakan sekelas . Kita … ya gitu deh . Kenapa sih lo sering banget nanyain soal Gilang ke gue , yang hobbinyalah , makanan favoritnya , tempat nongkrongnya , temen - temen deketnya , malah soal pacarnya segala lo tanyain ke gue . Kayak yang lagi naksir Gilang aja , detail banget . Emang ada apaansih ? ” Vefe malah balik nanya .
“ Maafin gue ya , kalau gara - gara gue kalian jadi sering berantem .” Mario berucap lirih .” Biasa aja lagi , Gilang tuh anaknya emang gitu . Dingin dan cuek abis , tapi sebenarnya dia tuh baik banget lho . Beneran Top abis , pokoknya diatuh ngga ada duanya buat gue.” Wajah Vefe begitu ceria tatkala mengatakan hal ini pada Mario .
“ Ve , benernya gue mo minta tolong ma lo . Lo mau bantuin gue kan , please !”
“ Ya pastilah gue bantuin , apasih yang ngga buat lo . Kenapa , kenapa , lo ada masalah apa . Ceritain deh ” lagak Vefe bagaikan pendengar yang baik .
“ Makasih banget ya , Ve . Ternyata selama ini gue emang ngga salah orang , ntar malem lo mau ngga nganterin gue kerumahnya Gilang ?.”
“ Wait , wait teh minutes .. . Lo mo ngapain kerumah Gilang segala , kalau mo minta maaf gara - gara lo sering ngajak gue jalan kayaknya ngga perlu serepot itu deh . Toh kami juga ngga ada komitmen apapun , so nyantai aja lagi . Easy boy ! ”
“ Bukan itu masalahnya , benernya udah lama gue mo ngomong ini ma lo . Tapi gue takut lo marah , makanya gue coba untuk ngenal lo lebih jauh dulu . Biar kita deket , baru gue bisa ngomong jujur . ” Mario terlihat begitu nervous menghadapi Vefe yang so cool .
Mendengar hal ini , dada Vefe berdetak keras bahkan lebih keras dari bedug maghrib waktu buka puasa . Nyaring banget dan rasanya mau copot . “ Ngomong aja , ngga apa -apa kok ” Vefe mencoba menenangkan debaran jantungnya , terus terang aja nih Vefe benernya juga lagi nervous abis tapi jaim dikit dong . Dalam hati Vefe sempat terbersit pertanyaan , oh inikah saat - saat menegangkan bagi cewek yang lagi nunggu detik - detik proklamasi .“ Gue siap dengerin ” lanjutnya , seolah Vefe tau apa yang akan diucapkan Mario .
“ Ve , sebenarnya udah lama gue ….gue … gue …” Mario begitu terbata - bata “ Gue … gue naksir ama Gilang dan perasaan gue tuh dalem banget . Tujuan gue ntar malem ngajakin lo kerumahnya adalah untuk menyatakan isi hati gue ini . Gue udah ngga bisa menahan perasaan ini tiap kali ngeliat dia , perasaan gue semakin suka sama Gilang . Tiap malem gue selalu gelisah mikirin dia .”
Oh God ….. betapa gelinya telinga Vefe mendengarkan pernyataan Mario tentang perasaannya terhadap Gilang . Pakai acara bilang dalem banget lagi , duhhh segitunya . Kesannya Mario girly banget . Ternyata selama ini Mario mendekati Vefe hanya untuk dijadikan batu loncatan agar dia tau siapa Gilang . Tuhan , betapa bodohnya Vefe . Seolah dinding disekelilingnya tertawa dan berteriak “ You are stupid Girl ”. Bahkan semutpun tertawa geli ngeliat ekspresi wajah Vefe seketika itu . Bener - bener surprise ! Kenapa dia menyia - nyiakan kebaikan dan perhatian Gilang selama ini . Kenapa dia menolak perasaan Gilang yang bener - bener tulus menyayanginya hanya demi Mario yang ternyata seorang ……. Seorang homo .

0 Your Opinion: